Tujuan

1. Membantu membangun perusahaan pers yang profesional sehingga mampu bekerja untuk memenuhi kebutuhan informasi masyarakat dan mewujudkan industri media siber yang sehat, mandiri, dan bermartabat.
2. Membantu mewujudkan masyarakat Indonesia yang demokratis, cerdas, tertib, adil, makmur, dan sejahtera.

Upaya

1. Mempertahankan dan mengawasi pelaksanaan peraturan Perundang-undangan yang menjamin dan melindungi kebebasan pers.
2. Memperjuangkan penyelesaian masalah yang timbul akibat pemberitaan media siber untuk diselesaikan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang demokratis dan tetap menjamin kemerdekaan pers.
3. Membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi para anggota, antar anggota, dan/atau dengan mitra kerja.
4. Melaksanakan program Sertifikasi Kompetensi bagi anggota perusahaan media siber sesuai dengan mandat Dewan Pers dan UU No. 40 Tahun 1999.
5. Menyusun peta potensi anggota untuk meningkatkan profesionalismenya dan kemudian menyusun peta potensi pasar yang dapat dimanfaatkan oleh anggota untuk mengembangkan usaha.
6. Mendorong pendapatan pengembangan perusahaan media siber melalui pendidikan dan konsultasi yang mencakup pengelolaan media siber dalam arti redaksional dan bisnis.
7. Mengadakan hubungan kerjasama dengan organisasi pers professional lainnya, serta badan-badan pemerintah dan swasta dalam dan luar, negeri, yang bermanfaat bagi perkembangan Pers Nasional dan tidak bertentangan dengan asas dan tujuan organisasi.
8. Manfaatkan perkembangan teknologi seluas-luas dalam upaya memajukan industri media siber.
9. Melaksanakan segala bentuk kegiatan dan usaha untuk mencapai tujuan organisasi.
***